Pages

Sabtu, 17 November 2012

AIDS Penyakit yang Mematikan


Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) adalah sekumpulan gejala dan infeksi yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV atau infeksi virus-virus lain yang mirip yang menyerang spesies lainnya (SIV, FIV, dan lain-lain).Virusnya sendiri bernama Human Immunodeficiency Virus (HIV) yaitu virus yang memperlemah kekebalan pada tubuh manusia. Orang yang terkena virus ini akan menjadi rentan terhadap infeksi oportunistik ataupun mudah terkena tumor. Meskipun penanganan yang telah ada dapat memperlambat laju perkembangan virus, namun penyakit ini belum benar-benar bisa disembuhkan. HIV dan virus-virus sejenisnya umumnya ditularkan melalui kontak langsung antara  atau aliran darah, dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, seperti darahair manicairan vaginacairan preseminal, dan air susu ibu. Penularan dapat terjadi melalui hubungan intim (vaginal, anal, ataupun oral), transfusi darahjarum suntik yang terkontaminasi, antara ibu dan bayi selama kehamilan, bersalin, atau menyusui, serta bentuk kontak lainnya dengan cairan-cairan tubuh tersebut.

Tingginya kasus penyakit Human Immunodeficiany Virus/Acquired Immnune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS), khususnya pada kelompok umur remaja, salah satu penyebabnya akibat pergaulan bebas.Hasil penelitian di 12 kota di Indonesia termasuk Denpasar menunjukkan 10-31% remaja yang belum menikah sudah pernah melakukan hubungan seksual. Di kota Denpasar dari 633 pelajar Sekolah Menengah Tingkat Atas (SLTA) yang baru duduk di kelas II, 155 orang atau 23,4% mempunyai pengalaman hubungan seksual. Mereka terdiri atas putra 27% dan putri 18%. Data statistik nasional mengenai penderita HIV/AIDS di Indonesia menunjukkan bahwa sekitar 75% terjangkit hilangnya kekebalan daya tubuh pada usia remaja. Semakin memprihatinkan penderita HIV/AIDS memberikan gambaran bahwa, cukup banyak permasalahan kesehatan reproduksi yang timbul diantara remaja. Oleh sebab itu mengembangan model pusat informasi dan konsultasi kesehatan reproduksi remaja melalui pendidik (konselor) sebaya menjadi sangat penting.

Kehilangan kekebalan tubuh, ibarat sebuah kerajaan tanpa benteng atau komputer tanpa antivirus/firewall. Silahkan bayangkan sendiri, apa jadinya tubuh tanpa sistem kekebalan, tanpa bermaksud menakut-nakuti apalagi mendahului kehendak Tuhan, secara normal orang yg sudah terinveksi virus HIV/AIDS, sudah bisa diprediksi berama lama lagi dia akan hidup. Inilah yang membuat kebanyakan para penderita aids kehilangan semangat hidup. Apalagi kalau orang-orang di sekitarnya, terutama orang-orang terdekatnya (keluarga) ikut mengucilkan dirinya. Itu akan membuat si penderita aids semakin tertekan, hingga tak jarang yang memutuskan untuk segera mengakhiri hidup, dengan cara bunuh diri.

Opini :
Menurut saya aids memang penyakit mematikan yang tidak ada obat atau penanggulanganya tetapi aids masih bisa kita hindari dengan tidak melakukan perbuataan seperti diatas dan membentengi diri kita dengan iman dan ketakwaan. Serta jangan mengucilkan orang-orang yang terkena penyakit aids lebih baik kita memberi dukungan dan semangat agar mereka tetap semangat di sisa akhiir hidupnya.

0 komentar:

Posting Komentar