Pages

Selasa, 23 Oktober 2012

Internet Bagi Semua Kalangan

        Internet adalah jaringan komputer yang terhubung secara internasionaldan tersebar di seluruh dunia. Jaringan ini meliputi jutaan pesawat komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dengan memanfaatkan jaringan telepon( baik kabel maupun gelombang elektromagnetik).Jaringan jutaan komputer ini memungkinkan berbagai aplikasi dilaksanakan antar komputer dalam jaringan internet dengan dukungan softwaredan hardware yang di butuhkan. Untuk bergabung dalam jaringan ini, satu pihak ( dalam hal ini provider ) harus memiliki program aplikasi serta bank data yangmenyediakan informasi dan data yang dapat di akses oleh pihak lain yangtergabung dalam internet.Pihak yang telah bergabung dalam jaringan ini akan memiliki alamattersendiri ( bagaikan nomor telepon ) yang dapat dihubungi melalui jaringaninternet. Provider inilah yang menjadi server bagi pihak-pihak yang memiliki personal komputer ( PC ) untuk menjadi pelanggan ataupun untuk mengaksesinternet.Sejalan dengan perkembangan zaman, kemajuan teknologi internet jugasemakin maju. ‘Internet’ adalah jaringan komputer yang dapat menghubungkansuatu komputer atau jaringan komputer dengan jaringan komputer lain, sehingga dapat berkomunikasi atau berbagi data tanpa melihat jenis komputer itu sendiri.
        Dalam perkembangannya sampai sekarang internet mengalami kemajuan yang sangat pesat dan luar biasa. Keberadaan internet semakin memudahkan kehidupan manusia di Dunia, Perbedaan jarak jauh dan letak semakin tak terasa dengan adanya internet. Serta berbagai Informasi dan kejadian di dunia bisa langsung tersebar atau terdengar di berbagai belahan Negara. Manfaat internet secara umum juga mempunyai dampak positif dan dampak internet negatif, yang akan saya sebutkan dibawah ini.

Dampak Positif Manfaat Internet Bagi Pendidikan :
  • Bagi pelajar memudahkan dalam mencari informasi pendidikan terutama di luar negeri, seperti jurusan yg sesuai, atau berbagai syarat bagi yg mau mendaftar atau menimba pendidikan di Negeri luar.
  • Internet menjadi seperti perpustakaan yaitu perpustakaan digital.
  • Internet bisa menjadi sarana belajar tambahan, karena hanya dengan tatapan dunia online pun belajar juga bisa dilakukan
  • Adanya E-Book yang menjadi pengganti buku, dan keuntungannya lebih murah dan praktis.
  • Internet memberi kemudahan kepada para siswa atau mahasiswa dalam mencari bahan belajarnya.

Itulah beberapa manfaat internet bagi dunia pendidikan, sangat banyak dan kompleks manfaat internet bagi kita. Namun disamping semua banyak manfaat yang diperoleh dari internet ternyata juga ada dampak negatifnya yaitu :

Dampak Negatif Internet
  • Pornografi yang semakin meraja lela lewat dunia internet
  • Kecanduan dunia maya secara berlebihan
  • Maraknya perjudian lewat internet
  • Menjadi maniak game online atau kecanduan game
  • Penculikan / penipuan lewat jejaring sosial
  • Perilaku negatif dunia barat semakin mudah ditiru oleh semua kalangan masyarakat dunia terutama pada usia remaja karena mudahnya sistem informasi dunia.

Opini :

Jadi mulai sekarang kita harus bisa menyaring dampak negatif dari keberadaan internet. Dengan itu kita bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Lebih baik Internet di gunakan dengan sebaik-baiknya, jangan disalahgunakan.

Sumber :
http://www.zonegue.com/2012/01/manfaat-internet-dan-dampak-internet.html

0 komentar:

Posting Komentar