Kerja tim (teamwork) adalah bentuk kerja dalam kelompok yang harus
diorganisasi dan dikelola dengan baik. Tim beranggotakan orang-orang yang
memiliki keahlian yang berbeda-beda dan dikoordinasikan untuk bekerja sama
dengan pimpinan. Terjadi saling ketergantungan yang kuat satu sama lain untuk mencapai sebuah
tujuan atau menyelesaikan sebuah tugas.
Dengan melakukan teamwork diharapkan hasilnya melebihi jika dikerjakan secara perorangan. Semua tim adalah kelompok,
tetapi tidak semua kelompok adalah tim. Sebuah tim adalah unit antar individu
dengan keterampilan yang saling melengkapi yang berkomitmen untuk tujuan yang
sama dan menentukan tujuan kinerja dan harapan bersama. Beberapa perbedaan
memang ada di antara tim dan kelompok. Konsep Tim menyiratkan rasa misi bersama
dan tanggung jawab kolektif. Sedangkan kelompok fokus pada kinerja individual,
tujuan, dan ketergantungan pada kemampuan individu, tim memiliki mentalitas
kolektif yang berfokus pada:
- berbagi informasi, wawasan, dan perspektif,
- Membuat keputusan yang mendukung setiap individu untuk melakukan nya pekerjaan sendiri yang lebih baik
-
Salah
satu contoh teamwork yaitu dalam suatu perusahaan. Semua anggota bekerja sama
dalam tim yang dibentuk dari beragam divisi dan kepentingan. Filosofi
teamwork: ‘saya mengerjakan apa yang Anda tidak bisa dan Anda mengerjakan apa yang saya
tidak bisa. Ketika berada dalam teamwork, segala ego pribadi,
sektoral, deparmen harus
disingkirkan.
Dalam teamwork yang dikejar untuk dicapai adalah target bersama, bukan
individual.
Saling pengertian terhadap karakter
masing-masing anggota team akan menjadi modal sukses bersama. Jika setiap orang bekerjasama via
bidang masing-masing, target korporasi pasti akan segera terealisasi. Keahlian masing-masing sungguh akan mempercepat proses pencapaian target. Ingatlah bahwa:
‘teamwork makes the dream work’.
Sumber:
0 komentar:
Posting Komentar